Halo sobat tani, waduh eh, salah ....

Halo para warga internet yang baik hati, rajin menabung, dan tidak sombong 👋😁

Pasti kalian semua sudah tidak asing dengan yang namanya aplikasi atau software kan? Yup, mereka adalah program yang diciptakan untuk memudahkan dan memenuhi kebutuhan kita. Fun factnya, aplikasi atau software tersebut dibuat tidak hanya sekali ngoding langsung jadi yaaa, ada banyak proses yang dilalui untuk membuat aplikasi yang perfect. Mulai dari perencanaan kerangka aplikasi seperti algoritma, UI/UX, kemudian waktu yang dihabiskan, belum lagi jika ada bug atau error dalam aplikasi tersebut, maka perlu waktu tambahan lagi untuk nge-fix codingannya. Beuhhh bayangin betapa capeknya cuma buat satu aplikasi doang, bahkan orang yang copas-pun pasti butuh waktu lama buat nyelesain programnya.

Nah, pastinya setelah membuat aplikasi tersebut harapan dari developernya kan ya pengen ngebantu kebutuhan kita, dan bisalah kita mengapresiasi develeoper dengan membeli aplikasinya atau membeli konten dalam aplikasi. Kalo gitu kan sama-sama enak, kita bisa dapet kemudahan, developer juga bisa dapet imbalanya, berupa penghasilan dari penggunanya.

Tapi, ada hal yang membuat miris, apa itu? Yap benar, BAJAKAN! eh maaf kepencet capslock. Jujur dulu gw juga sempet buat nyoba install aplikasi tani, tapi lama kelamaan kok kasian juga si developernya, udah cape-cape buat, kerja lembur bagai kuda, tapi dengan enaknya gw milih jalur ngebajak, hiks hiks, mulai dari itu gw lebih milih aplikasi yang open-source, solusi bagi user gratisan tanpa perlu takut akan pelanggaran. Gw juga pernah denger bahwasanya, pakai aplikasi bajakan tuh sama aja motong aliran penghasilan orang lain, bahkan bisa disebut pencuri, dan dalam UUD juga tentang peraturan hak cipta, yang dimana jika melanggar akan berakibat dipidana.

Gw cuma mau ngingetin aja buat kalian yang baca, kurangi aplikasi atau game bajakan, kan masih banyak tuh aplikasi atau game gratis tanpa berbayar tapi bukan bajakan. Banyak juga aplikasi gratis yang fiturnya mirip sama yang berbayar. Jadi nantinya timbul perasaan dari dalam diri kita tentang menghargai.

Terimakasih sudah membaca, semoga harimu menyenangkan 😉🙏