6 Maret 2023 Adalah hari dimana kita, Siswa/Siswi Kelas 12 SMKN 1 Purbalingga akan melakukan Uji Kompetensi Keahlian atau biasa disingkat UKK.

RPL adalah jurusan yang gw ambil ketika pertama kali memilih jurusan di sekolah ini. Jurusan yang asing di telinga gw bahkan oleh keluarga sekalipun. Kok jurusan asing dipilih? Pertanyaan bagus, itulah yang dulu gw lakuin, mencoba sesuatu hal yang baru, siapa tau bisa passion dan betah disitu.

Terus hasilnya gimana? Alhamdulillah sampai saat gw buat blog ini, masih aman-aman aja, terkendala pas dulu kelas 10 dan 11 nya aja. Sempat sekolah daring pas kelas 10 dan kelas 11 PKL, tau-tau udah kelas 12 aja wkwkw 😂

Nah pas kelas 12 gw langsung digembleng, digembleng apaan tuh wkwk, digembleng tuh intinya kayak dicekokin eh, diseriusin nahh itu, diseriusin buat sering-sering latihan ngoding, waduhhh ... Padahal kan dari kelas 10-11 jarang ngoding kan ya, PKL pun jarang ngoding, karena udah ada templatenya wihewiewh. Disitulah jiwa-jiwa programmer gw harus dikeluarin, alhasil karena di sekolah yang hari-hari ngoding, belum lagi pelajaran umum kayak matematika yang bikin nambah uwaw sekali, gw pun memutuskan untuk serius belajar. Nah di sini nih, fase dimana gw lagi rajin-rajinnya, tugas gw kelarin semaksimal mungkin, besok ulangan gw belajar serius, dan ngurangi yang namanya game. Wah fase dimana gw pun lagi berdamai dengan diri sendiri dan mulai fokus sama belajar .. azeek. 

Teng teng teng ... Hari ujian pun tiba, ujian sekolah lho ini, buat syarat kelulusan. Aduhaii jantung saya berdegup kencang pakcik, soalnya ada 3 materi yang diuji! Elehh 3 doang apa susahnya, cuy ... walau 3 tapi bisa buat puyeng semalaman apalagi ini tuh buat program kan ya, kalau ada error tuh rasanya udah melayang di udara, buset kelebihan, ya bayangin aja udah belajar lembur bagai kuda tau-tau pas ujian ada error, rasanya tuh kayak ........ wah sampe gabisa berkata-kata. Maka dari itu gw pun agak deg-degan pas itu. Nah ujiannya tuh ada :

1. Ujian tertulis

2. Ujian Pemrograman Web

3. Ujian Aplikasi Berbasis Desktop

Siapa yang minat dengan ujian tersebut hayo, saya dong hehe, dari hasil belajar lembur bagai kuda, Alhamdulillah, gw bisa paham dengan materi-materi tersebut, dan pas waktu ujian .... nah ini nih ..... tebak apa selanjutnya? Ya Alhamdulillah lagi, gw bisa nyelesain semua ujian tersebut dengan baik. Perasaan lega muncul dari hati gw, dan hari keesokannya gw langsung tuh tanya-tanya temen.

    "Gimana-gimana hasil ujianmu kemaren?"

    "Agak ngestuck sih, tapi akhirnya bisa juga, fiuh, deg-degan banget cuy, takut engga selesai"

    "Wih mantap, btw dikasih challenge sama pengawasnya ngga?"

    "Dikasih weh, cuma aku engga jadi hehe, lha kamu?"

    "Aku dikasih, dan ya bisa dikit hehe."

    "Soal.e waktune itu lho, kurang, btw selamat ya."

    "Makasih hehe, gapapa kan cuma challenge doang, yang penting misi utamanya selesai."

    "Wahaha iya juga si."

Nah kurang lebih percakapannya seperti itu saat gw ketemu temen-temen setelah UKK tersebut selesai. Semua temen-temen satu angkatan lulus semuanya, dan ya betul sekali. Ketenangan itu tidak bertahan lama karena ada yang namanya "Eligible" uwadidawww. Eligible tuh siswa-siswi yang lolos seleksi nilai buat ikut SNBP/SBMPTN, dan keresahan gw dan teman-teman muncul lagi saat menunggu pengumuman Eligible ini, hadehh resah terus ya kapan tenangnya. Tapi ya beginilah hidup, dan sudah deh selesai pengalaman selama UKK. Bagi yang sedang Ujian Sekolah, UKK, dan ujian kelulusan lainnya, tetep semangat eaa, dan gencarkan belajarnya, biar pas ujian lancar. Sampai jumpa lagi 😆